Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila, Rektor Unima: Jaga Kerukunan dan Keutuhan

TERBERITA.COM, Minahasa – Universitas Negeri Manado (Unima) melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024).

Berlokasi di halaman kantor pusat Unima, upacara ini dipimpin langsung Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Katuuk, M.Pd., sebagai inspektur upacara.

Dalam pelaksanaannya, Katuuk tampil dengan mengenakan busana daerah yakni kebaya.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., dalam sambutannya yang dibacakan Prof Dei menyebutkan Pancasila menyatukan Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas.

“Harus kita syukuri sebagai sebuah bangsa majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” ujar Katuuk.

Menurut dia, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

“Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nila-inilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” lanjutnya.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” ujar jebolan UNJ ini.

Dirinya pun menekankan agar selalu bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,” tegas Katuuk.

Dalama arahannya, Rektor Unima juga mengajak kepada seluruh civitas akademika Unima untuk bersama-sama membangun kampus tercinta ini dengan semangat dan nilai-nilai Pancasila.

“Dengan semangat Pancasila dan nilai-nilai terkandung didalamnya, marilah kita bersama-sama menghasilkan keunggulan dan inovasi dalam bingkai Mapalus untuk membangun Unima ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Mantan PR I Unima ini menyampaikan apresiasinya yang luar biasa kepada pelaksana ucapara Hari Lahir Pancasila yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan Lembaga Pengembangan Pembelajaran Dan Penjaminan Mutu (LP3M).

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua LPPM Unima, Dr. Armstrong F. Sompotan, M.Si, dan Kepala LP3M Unima, Dr. Patricia Silangen, S.Pd, MSi, karena upacara ini sukses terlaksana dengan lancar,” tuturnya.

Disisi lain, alumni IKIP Bandung ini menambahkan, Unima akan segera membuka program studi baru, mulai dari program studi Sarjana (S1) hingga program studi Doktor (S3).

“Kita sudah melaksanakan bimbingan teknis dalam rangka usulan pembukaan program studi baru di Unima. Kita patut berbangga karena ini merupakan pencapaian, prestasi dan kerja keras kita semua untuk Unima tercinta,” ungkap mantan Dekan FIPP ini.

Rektor Prof. Deitje Katuuk juga berharap, pemilihan Rektor Unima ini berjalan dengan adil, jujur dan terbuka.

“Siapapun yang terpilih nantinya, saya percaya bahwa dia lah sosok pemimpin baru, pemimpin kita semua dan pimpinan Unima yang dapat melanjutkan prestasi yang kita miliki saat ini.

Semoga pemilihan kali ini berjalan dengan lancar dengan mengedepankan nilai keadilan, kejujuran dan terbuka seperti nilai-nilai Pancasila. Tuhan Yang Esa Memberkati kita semua, amin,” tutup Katuuk disambut dengan tepukan tangan dari peserta upacara.

Pada kesempatan ini turut dihadiri oleh, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Unima, Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd, M.Hum, Ketua Senat Universitas Prof. Dr. Herry Sumual, M.Si, Sekertaris Senat Universitas Prof. Dr. Beatrix Jetje Podung, M.Kes, Ketua SPI Prof. Dr. Philoteus Tuerah, M.Si., DEA, Dekan Fatek Unima, Dr. Eddy Djubir Kembuan, M.Pd, Dekan FBS Dr. Ignatius Javier C. Tuerah, S.S., M.Pd, Dekan FISHum Recky H. E. Sendow, SP., MM., Ph.D, Dekan FIKKM Prof. Dr. Theo W. E. Mautang, M.Kes., AIFO, Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Tinneke E. M. Sumual, MS, Ketua LPPM, Dr. Armstrong Sompotan, S.Si, M.Si, Kepala LP3M Dr. Patricia M. Silangen, S.Pd, MSi, Kepala Unit Penunjang Akademik Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Dr. Meidy Santje Selvy Kantohe, SE.Ak, MSi, Kepala Humas Unima Drs. Titof Tulaka, SH., MAP, Komandan satpam Unima Joldy Paat dan seluruh Cleaning Service di Unima. (Mhr)