Recky Sendow Bakal Dorong Peningkatan Kualitas Unima

TERBERITA.COM, Minahasa – Dekan Fakultas ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Manado (FISH Unima), Recky Sendow Recky H. E. Sendow, SP., MM., Ph.D., menegaskan, dirinya akan membawa Unima menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam waktu dua tahun jika terpilih sebagai Rektor Unima.

“Dalam mewujudkan hal itu, perlu maksimalkan potensi internal kampus tanpa memberatkan mahasiswa dengan biaya pendidikan. Karena Kampus dibuat untuk mencerdaskan anak bangsa,” ujarnya.

Dirinya pun menekankan bakal mewujudkan visi UNIMA BISA tatkala terpilih sebagai rektor Unima.

“UNIMA adalah singkatan Unggul Inovatif Berdasarkan Mapalus, sedangkan BISA ialah Bersih dan Sejahtera,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia mengaku akan melanjutkan visi Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., untuk membangun kampus tersebut.

Menurut dia, pungutan liar (pungli) harus dibersihkan dengan cara meningkatkan kesejahteraan dosen.

“Kearifan lokal perlu dikembangkan dan digaungkan secara internasional. Seperti nike, Danau Tondano, enceng gondok, dalam bidang sosial yakni Mapalus, perlu dimaksimalkan agar bisa menarik para peneliti datang di Minahasa,” ujarnya.

“Kita harus bisa membangun Minahasa, maka perlu ada terobosan. Di samping itu penelitian dan pembangunan berjalan beriringan untuk memajukan Minahasa,” jelasnya.

Saat ditanyakan tentang membuka program studi (prodi) baru, dirinya menyampaikan bakal melakukan kajian mendalam terlebih dahulu.

Kajian tersebut berguna dalam memberi pertimbangan kepada internal Unima untuk mencegah agar prodi bersangkutan tidak diminati.

“Unima wajib go internasional, karena itu satu-satunya cara kita bisa bersaing dengan sejumlah kampus besar,” tegasnya.

“Dorong peningkatan kualitas, agar meraih keunggulan hingga ke akreditasi internasional,” pungkas dia. (Redaksi)