Gelar Pembekalan Mahasiswa Magang MBKM, Koorprodi IAN Devie Siwij Sebut 161 Perserta Siap Tempatkan di Dalam Maupun Luar Sulut

MINAHASA – Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara (IAN) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Unima, melaksanakan Pembekalan Magang Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dengan tema Etika, Mekanisme dan Inovasi di Dunia Kerja, bertempat di Aula Sosiologi, Kamis (1/2/2024).

 

Koorprodi IAN Unima, Dr. Devie S. R. Siwij, SIP., MAP, menyampaikan pelaksanaan ini untuk mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 

“Progam magang ini dilaksanakan secara runtin untuk mendukung Progam Kemendikbud ristek melalui kurikulum MBKM,” ujar Koorprodi Siwij.

 

Dikatakan juga, tujuan magang MBKM yakni mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan dan pengelaman saat di dunia kerja.

 

“Magang MBKM bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman magang yang berharga di berbagai perusahaan dan lembaga,” ungkapnya.

“Program ini menjadi penting bagi para mahasiswa karena dapat memberikan pengalaman langsung dalam dunia kerja serta kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan bidang studi mahasiswa dengan memahami Program Magang Kampus Merdeka, para mahasiswa akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas diri dan mempersiapkan diri untuk masa depan karir mahasiswa,” lanjut Koorprodi Siwij.

 

Dirinya juga menyebutkan sebanyak 161 mahasiswa perserta magang sedang dibekali untuk dipersiapkan ke beberapa instanasi di dalam maupun diluar Sulut.

“Sebanyak 158 peserta magang sekala daerah akan disebar luarkan ke 30 instansi se- Sulut sedangkan 3 peserta magang sekala nasional akan ditempat diluar Sulut,” sebutnya.

 

Ia pun berharap, mahasiswa IAN Unima sebagai peserta magang dapat menjaga nama baik almamater tercinta.

 

“Ketika berada ditempat magang saya berharap untuk mahasiswa dapat menjaga nama baik alamamater Unima dengan cara menjaga diri mahasiswa sendiri. Selain itu dapat meningkatkan hard skill dan soft Skill agar lebih matang saat di dunia kerja,” tandas Koorprodi Siwij. (Abr)