Bupati Kumendong Lantik BKSAUA dan LPPD Kabupaten Minahasa

MINAHASA – Penjabat Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, memimpin upacara pelantikan Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAUA) dan Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah (LPPD) Kabupaten Minahasa, Rabu (05/06/2024), bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Kehadiran Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa, Ny. Djeneke Kumendong-Onibala, SH, M.SA, sebagai Ketua Umum Pengurus Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah Kabupaten Minahasa periode 2024-2028, menegaskan komitmen untuk mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan dan budaya di wilayah ini.

Ketua BKSAUA Provinsi Sulawesi Utara, Pdt Handrie Dengah, M.Th, bersama pengurus BKSAUA Provinsi Sulut turut serta dalam acara tersebut, menunjukkan sinergi antarlembaga dalam memperkuat kerjasama lintasagama.

Bupati Jemmy Kumendon usai melantik pengurus BKSAUA dan LPPD yang baru, periode tahun 2024-2028, mengatakan bahwa kerukunan beragama di Kabupaten Minahasa terjalin dengan sangat baik. Toleransi dan dukungan para tokoh agama pun sangat baik.

“BKSAUA Minahasa diharapkan menjadi sebuah wadah yang efektif untuk berkomunikasi, membangun dialog dan menciptakan kerukunan di tanah Minahasa,” ujar kumendong

Dia juga berharap, BKSAUA yang dilantik dapat memainkan peran penting memperkokoh kerukunan di tengah kehidupan umat beragama di Minahasa.demikian pula dengan pengurus LPPD yang dilantik. Kiranya dapat memberikan sumbangsih dan karya bagi budaya lokal jati diri Minahasa,” tukasnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Kumendong memberikan tantangan kepada LPPD untuk lebih mengembangkan lagu- lagu Gerejawi berbahasa daerah sebagai jati diri lokal daerah Minahasa.

“Mari kita melihat contoh yang positif. Misalnya, masyarakat Kabupaten Sangihe yang terlihat banyak mengeluarkan lagu-lagu daerah, contoh Masamper dan lain sebagainya,” kata dia.

“Saya berharap LPPD terus menjadi penggerak paduan suara di kabupaten Minahasa. Banyak selamat bagi seluruh pengurus yang sudah dilantik. Semoga karya dan tanggung jawab dapat dilaksanakan dengan baik dan mendapat tuntunan dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa, Ibu Dolie Tangian, S.Th, M.Pd, serta Presidium Golongan Kristen Protestan, Katolik, Islam, Hindu, Budha. Keberadaan mereka menjadi bukti komitmen semua pihak dalam memperkuat harmoni antarumat beragama di Kabupaten Minahasa dukungan penuh dari pemerintah dalam memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mempererat persaudaraan dan kerukunan umat beragama di daerah ini.

Turut Hadir, Ketua TP-PKK Kab. Minahasa Ny. Djeneke Kumendong – Onibala, SH, M.SA selaku Ketua Umum Pengurus Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah Kabupaten Minahasa Periode Tahun 2024 – 2028, Ketua BKSAUA Prov. Sulawesi Utara Pdt Handrie Dengah, M.Th bersama Pengurus BKSAUA Provinsi Sulut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Ibu. Dolie Tangian, S.Th, M.Pd, Presidium Golongan Kristen Protestan, Katolik, Islam, Hindu, Budha,

Turut mendampingi Bupati, jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Staf Khusus.

(JM)