Unima Gelar Seminar Pendidikan dan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2024, Prof Orba Sampaikan Pentingnya Aktivitas Inovatif bagi Gen Z

MINAHASA – Universitas Negeri Manado (Unima) menggelar Seminar Pendidikan dengan mengangkat tema, Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Aktivitas Inovasi Dalam dan Luar Sekolah, bertempat di Trening Center, Senin (12/2/2024).

Diketahui, Ketua Panitia, Prof. Dr. Harold Lumapow, M.Pd., sedangkan Wakil Ketua Panitia, Recky Harold Elbyh Sendouw, SP., MM., Ph.D dan Sekertaris Panitia, Kepala Biro (Karo) Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Vivi Winny Saroinsong, S.Pi, MAP.

 

Selanjutnya, seminar yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Unima Tahun Akademik 2024, dihadiri puluhan Kepala Sekolah se-Sulawesi Utara.

Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dari Rektor Unima.

 

“Mewakili Rektor Unima menyampaikan terima kasih banyak atas kehadiran ibu bapak Kepala Sekolah se-Sulut,” ucap Prof Orba.

Menurut Prof Orba, seminar ini telah membahas sebagai berbagai fenomena yang sering terjadi di sekolah-sekolah di Sulut. Sehingga, aktivitas inovatif sangat diperlukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan disekolah-sekolah.

 

“Aktivitas inovatif adalah pembaharuan, mengupgrade teori maju, teori praktis dan memutar otak untuk memperbaiki kualitas pendidikan termasuk mempermudah pekerjaan, pembelajaran bahkan menghasilkan income di sekolah,” ujarnya.

Dirinya juga menuturkan bahwa, perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini menjadi tantangan bersama dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk berinovasi.

 

“Perkembangan teknologi di era globalisasi dan digitalisasi menjadi tantangan bersama. Untuk itu perlunya adaptasi,” tutur Prof Orba.

 

“Saya sangat berharap kepada para Kepala Sekolah yang hadir saat ini untuk tidak melarang Gen Z memanfaatkan kemajuan teknologi melainkan kita harus mampu mengelolanya sehingga kemajuan teknologi ini menjadi motivasi Gen Z dalam beraktivitas inovasi,” kunci Prof Orba.

 

Pada kesempatan tersebut turut dihadiri, Ketua Senat Unima, Prof. Dr. Herry Sumual, M.Si, Sekertaris Senat Unima, Prof. Dr. Beatrix Jetje Podung, M.Kes, Ketua SPI, Prof. Dr. Philoteus Tuerah, M.Si., DEA, Dekan FISH, Recky Harold Elbyh Sendouw, SP., MM., Ph.D, Dekan FBS, Dr. Ignatius Javier C. Tuerah, S.S., M.Pd, Dekan FT, Dr. Eddy Kembuan, M.Pd, Dekan FIPP, Prof. Dr. Harold Lumapow, M.Pd., , Ketua LPPM, Dr. Armstrong Sompotan, M.Si, LP3M Dr. Patricia M. Silangen, S.Pd, M.Si, Kepala Unit Penunjang Akademik Bimbingan dan Konseling Dr. Deetje Josephine Solang, MPd, Kepala UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Dr. Meidy S.S Kantohe, SE.,M.Si.,Ak.,CA.,CSRS dan Kepala Humas Unima Drs. Titof Tulaka, SH., MAP. (JM)