Pasca Kebakaran Hutan Lindung Soputan, Lestari Bumi Hijau Gelar Aksi Tanam Pohon

MINAHASA  – Lestari Bumi Hijau melaksanakan aksi tanam pohon di kaki Gunung Soputan bersama sejumlah organisasi Pecinta Alam, masyarakat serta PT Tirta Investama Airmadidi, Sabtu (24/2/2024).

Aksi tanam pohon di kaki Gunung Soputan itu merupakan bentuk kepedulian pasca terjadinya kebakaran hutan dan lahan sekitar 300 hektar di wilayah tersebut pada pertengahan tahun 2023

Sedikitnya 1000 bibit pohon ditanam pada wilayah kaki Gunung Soputan, tepatnya di perbukitan Desa Silian, Kecamatan Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Provinsi Sulawesi Utara. Berbagai jenis bibit yang ditanam adalah kayu serta buah – buahan.

“Ini untuk mengganti ribuan pohon yang terbakar. Sehingga tujuan kami adalah merehabilitasi kembali area ini serta bisa terlihat hijau, agar pula menjadi rumah bagi Flora dan Fauna yang ada di Gunung Soputan,” kata Ketua Lestari Bumi Hijau, Brivly Clif Lotulung.

Dia pun mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kampanye untuk pelestarian lingkungan di area Gunung Soputan.

Sementara itu Meyske Luntungan dari PT Tirta Investama Aermadidi berharap kegiatan serupa bisa terus dilakukan secara berkelanjutan. Agar nantinya bisa mengembalikan ekosistem yang ada di kaki Gunung Soputan. (JM)