Karantina Putra Putri Kawanua Bekali 18 Finalis

TERBERITA.COM, Manado – Ajang pemilihan Putra Putri Kawanua (PPK) kini memasuki masa karantina yang diikuti 18 finalis, bertempat di NDC Resort & Spa, Manado.

Dalam tahapan ini, seluruh peserta dibekali dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan untuk menjadi duta daerah.

Putra Kawanua 2018, Ramma Tombuku, dalam materinya tentang Kepemimpinan dan Public Speaking memaparkan, kedua hal tersebut harus dipelajari dan dimaksimalkan.

“Karena sebagai pemuda pemudi terpilih, para finalis akan menjadi role model bagi lingkungan di mana mereka berada,” tukasnya.

“Sebagai pemuda dan duta daerah, perlu mempelajari kepemimpinan dan public speaking. Karena seorang pemimpin harus memiliki kemampuan berbicara yang baik dalam mengedukasi banyak orang dan menerapkan visi dari PPK,” sebut ketua Permikomnas RI ini.

Sementara, finalis Putra Kawanua, Rizky Mamonto mengaku banyak menerima manfaat baik dari awal seleksi hingga masa karantina berlangsung.

“Prosesnya tertata rapi dengan berbagai kegiatan bermanfaat, materi yang diterima semuanya bagus,” ungkapnya saat diwawancarai, Jumat (7/6/2024).

Menurut dia, motion challenge merupakan sesi paling menantang karena harus bisa memberikan pendapat terkait isu terkini di masyarakat.

“Gugup pasti ada, tapi bagaimana kita mengatur diri sendiri untuk berani berpendapat dan menyuarakan sesuatu,” katanya.

Ketua panitia pelaksana, Hersa Pontoh berujar, dirinya melihat seluruh peserta memiliki rasa percaya diri dan motivasi yang kuat.

“18 finalis memberikan yang terbaik, dan memang sangat terlihat semuanya berkompetisi. Meski begitu mereka tetap kompak dan tidak insecure satu dengan lainnya,” sebut Hersa.

Dia menuturkan, panitia menemui tantangan besar dalam proses seleksi awal karena harus menyaring banyak calon pendaftar yang berpotensi lolos.

“Dari pendaftaran online, seleksi, pengecekan portofolio pendaftar, semuanya bisa dilalui dengan baik. Memang ada beda pendapat namun tidak menjadi halangan bagi panitia dalam menyukseskan pemilihan Putra Putri Kawanua,” ungkap dia.

Hersa berharap seluruh finalis dapat membawa visi PPK dalam empat pilar; pariwisata, sosial, budaya dan pendidikan.

“Jangan hanya sebatas kompetisi, tetaplah konsisten dengan apa yang jadi tujan bergabung PPK sampai melepas gelar nanti,” pungkasnya. (Mhr)