Hadiri Rapat, Sekda Watania Sebut Tujuan Capacity Building dan Rakor TPID

MINAHASA – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Wenny Talumewo, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Capacity Building Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Sulut bertempat di Ruang Rapat Bank Indonesia Sulut.

 

Rapat yang diselenggarakan Setda Provinsi Sulawesi Utara, dan dipimpin oleh Prof. Dr. (H.C.) Olly Dondokambey, S.E, diwakili Wakil Gubernur, Steven Kandow.

 

Dalam sambutannya Kandouw, menyampaikan apresiasi yang luar biasa sehingga apresiasi kegiatan Capacity Building dan Rakor TPID saat ini dapat terselenggara dengan baik dengan tujuan agar inflansi di semua daerah lebih terkendali.

 

“Sejak 2023, inflansi skala nasional hingga di Sulut sangat terkendali berbeda ditahun 2024 iniini,” kata Wagub Sulut.

Senada dengan itu, Sekda Watania, menyebutkan beberapa tujuan Capacity Building dan Rakor TPID ini.

“Tujuan seperti meningkatkan kapasitas tim pengendalian inflasi daerah guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola dan mengendalikan inflasi di wilayah kami,” sebut Sekda Watania.

 

“Dalam upaya upaya pengendalian inflasi perlu koordinasi antara Kabupaten dan Kota bersama Provinsi,” jelasnya saat penyampaian program dan pelatihan yang dalam Rakor.

 

Dirinya menghinamu perlunya strategi menghadapi tantangan inflasi di setiap wilayah Sulut khusus Minahasa.

 

“Melalui rapat ini, kami dapat saling berbagi informasi, pengalaman, dan strategi menghadapi tantangan inflasi di wilayah masing-masing,” himbau Sekda Watania.

 

Disisi lain dalam rapat ini juga membahas terkait kebijakan pengendalian inflasi.

 

“Jika ingin kebijakan yang lebih efektif dalam mengendalikan inflasi maka kami perlu saling berdiskusi dan memberikan masukan,” tuturnnya.

Ia pun berharap, melalui rapat ini dapat dilakukan evaluasi dan monitoring dalam upaya pengendalian inflasi yang telah dilakukan di daerah.

 

“Sehingga langkah-langkah yang diambil lebih efektif, dan dapat diambil di masa mendatang,”tandas Sekda Watania.

 

Pada kesempatan tersebut, turut Hadiri oleh Ka.Bappelitbangda, Ka.BPKAD, Kadis Pertanian, Kadis Perdagangan, Kadis Pangan, Kadis Perhubungan, Kasat Pol.PP, Kabag Perekonomian. (JM)