Bacakan Pesan Tertulis Menkominfo, Bupati Kumendong Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas ke-116 di Kabupaten Minahasa

MINAHASA – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke -116 di Kabupaten Minahasa dirayakan dengan Upacara Bendera. Upacara peringatan Harkitnas dengan tema ‘Bangkit untuk Indonesia Emas’ di Kabupaten Minahasa dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong, M.Si, Senin (20/5/2024), berlangsung di Halaman Kantor Bupati Minahasa.

Pada kesempatan itu, Bupati Kumendong membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Ia mengatakan, peringatan Harkitnas bertujuan untuk memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai dasar dalam melaksanakan pembangunan.

“Menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Emas dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Dia mengatakan, hari ini hingga dua dekade ke depan, kita dihadapkan pada realitas dimana pendidikan, kemajuan teknologi dan bonus demografi menjadi momen krusial untuk menentukan langkah yang tepat guna mewujudkan Indonesia Emas.

“Perkembangan zaman yang mengharuskan manusia untuk cakap teknologi, dimana kemajuan teknologi menjadi tantangan sekaligus menjadi peluang baru,” katanya.

Ia menyebutkan, kemajuan teknologi telah menjadi bagian dari peradapan kita. Inovasi-inovasi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner.

“Sehingga di titik ini gambarannya semakin jelas, yakni jika kita menguasai teknologi maka kitalah yang menguasai peradaban dunia,” ia menjelaskan.

Selanjutnya, bonus demografi menjadi potensi Indonesia untuk mampu bersaing secara global.

“Kekuatan dan peluang kita menjadi negara maju dalam waktu 10-15 tahun ke depan merupakan sumbangan dari keberhasilan kita dalam meningkatkan produktifitas SDM usia muda,”ujarnya.

Karena, lanjut dia, 60% dari penduduk Indonesia di waktu tersebut memasuki usia produktif, untuk itu harus dikelola dengan penuh kebijaksanaan. Kesempatan tidak datang dua kali, karenanya secara bersama, kita berjuang agar tidak salah menentukan langkah.

Dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Presiden Joko Widodo yang dipacu beberapa tahun terakhir ini, tantangan demi tantangan dapat kita hadapi bersama.

“Kerja bersama dari seluruh komponen bangsa telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti. Hasil demi hasil bisa mulai dinikmati, mulai dari kalangan perkotaan sampai dengan pedesaan, di seluruh penjuru tanah air,” ujarnya.

Kebangkitan kedua, lanjut dia, merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan.

Ia mengatakan, kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu.

Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas,” ia menambahkan.

Usai membawakan sambutan Menkominfo, Bupati Jemmy Kumendong serahkan SK kenaikan pangkat kepada sejumlah PNS di lingkup Pemkab Minahasa.

Turuh Hadir dalam upacara bendera tersebut, Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si Para Asisten, Para Sahli, Jajaran Pemerintah Kab. Minahasa, Para Camat Tondano Raya, ASN Dan THL serta Staf Khusus Bupati.

 

(JM)