Sekda Watania Buka Kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2025

MINAHASA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025, bertempat di Hotel Mercure Tateli, Jumat (7/3/2024).

 

Dalam arahannya, Sekda Minahasa menyampaikan pentingnya Forum Konsultasi Publik ini dan merupakan langkah strategis dalam penyusunan RKPD Minahasa tahun 2025.

 

“Lewat forum ini akan lahir ide serta gagasan yang sangat penting dan berkualitas agar mampu mendongkrak pembangunan Minahasa yang dituangkan dalam RKPD,” ujarnya.

 

“Kita harus menyadari serta memahami bahwa forum ini harus dimanfaatkan dengan baik dalam rangkah menggali dan menemukan formula yang tepat dalam rangkah penyusunan rencana pembangunan di tahun 2025,” lanjut Sekda Watania.

 

Sekda Minahasa juga menjelaskan RKPD sebagai dokumen perencanaan Pemerintah Daerah untuk periode satu tahun.

 

“Sebagai suatu dokumen resmi rencana daerah. RKPD mempunyai kedudukan strategis,” jelasnya.

 

Dirinya menyebutkan bahwa RKPD dapat menjembatani antara perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

 

” Karena itu RKPD yang nantinya memuat program-program pembangunan dan anggaran harus menjadi pembahasan yang sangat serius dan teliti serta terperinci,” sebut Sekda Watania.

 

Ia pun berharap, RKPD yang telah dituangkan dalam KUA-PPAS mendapat persetujuan dari DPRD.

 

“Saya berharap, RKPD nantinya akan dituangkan dalam KUA-PPAS yang selanjutnya diajukan kepada DPRD untuk dibahas dan disetujui menjadi program pemerintah yang terangkum dalam APBD,” tutupnya.

 

Turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, Elvira M. Katuuk, ST, ME, dan para Asisten, Para Sahli, Inspektur, Setwan, Para Kepala Badan/Dinas/Satuan, Dir.RSUD, Dir.PDAM, Para Kabag, Camat se-Kabupaten Minahasa. (JM)