Polres Minahasa dan Damkar Gelar Simulasi Pencegahan Kebakaran

MINAHASA – Sinergitas antara Polres Minahasa dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) melaksanakan simulasi pencegahan terjadinya kebakaran, bertempat di Mako Polres, Rabu (8/5/2024) pukul 09.00 wita.

 

Dalam kesempatan ini turut dihadiri Kapolres Minahasa, AKBP Sophian, S.I.K, M.H, Ketua Pengurus Bhayangkari Minahasa, Ny. Rosalena Rusdy, S.H, Kadis Damkar Kab. Minahasa, Jhon Kapoh, M.Si bersama Kabid Sarpras Damkar Nixon Emor, dan PJU Polres Minahasa.

 

Selanjutnya, dalam simulasi ini ditekankan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan jika terjadi kebakaran diantarannya terjadi kebocoran tabung gas, segera mencari kain basah atau menggunakan tabung gas untuk memadamkan api meskipun tabung pemadam sudah kadaluarsa, dalam penanganan tertentu masih dapat digunakan.

Terdapat dua jenis tabung pemadam yang tersedia, yaitu 3kg dan 6kg.

 

Disisi lain, penanganan kebocoran di regulator melibatkan mematikan konfor gas dan memadamkan tabung terlebih dahulu. Tabung gas dapat digunakan sekali pakai dan dapat diisi kembali setelah habis.

 

 

Kapolres Minahasa, AKBP Sophian, S.I.K, M.H, mengatakan simulasi ini menjadi langkah preventif yang penting dalam menjaga keselamatan masyarakat dan properti dari bahaya kebakaran.

 

“Dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara menangani situasi darurat ini, diharapkan dapat mengurangi risiko kebakaran di Kabupaten Minahasa,” jelasnya.

 

Diketahui, simulasi ini merupakan kegiatan Bhayangkari Cabang Minahasa bekerja sama dengan Dinas Pemadan kebakaran Kabupaten Minahasa, dan simulasi diperagakan langsung oleh Dinas Damkar itu sendiri. (JM)