Dibuka Sekda Watania, Pemkab Minahasa Fasilitasi Penyusunan Profil Desa Tahun 2024

MINAHASA – Sekretaris Daerah kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Fasilitasi Penyusunan Profil Desa/Kelurahan di Kabupaten Minahasa tahun 2024.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas PMD Kabupaten Minahasa yang bertempat di Anos Cafe, Selasa (30/4/24).

 

Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, melalui Sekda Minahasa Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si, menyampaikan “Dalam rangka mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral perlu disusun data profil Desa/ Kelurahan (prodeskel), sebagai dasar data dan sumber informasi guna memenuhi kebutuhan pembangunan.

 

Untuk Ketersediaan data dan informasi tentang potensi wilayah suatu Kabupaten/Kota yang mencakup sampai wilayah Desa dan Kelurahan, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil Desa dan Kelurahan.

 

Pelaksanaan kegiatan penyusunan Profil Desa/Kelurahan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, kecamatam, kabupaten sampai tingkat provinsi oleh Kelompok Kerja (Pokja) yang dibentuk secara berjenjang.

 

Pendayagunaan data profil Desa/Kelurahan diarahkan pada pemanfaatan data dasar keluarga, data potensi serta tingkat perkembangan desa dan Kelurahan sebagai data dasar bersama pelaku pembangunan Desa/Kelurahan dalam mendukung perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian evaluasi dan pelestarian kebijakan, program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan Desa, Kelurahan dan lembaga kemasyarakatan serta penataan wilayah administrasi pemerintahan.

 

Disamping itu pula data prodeskel tersebut difungsikan untuk mengetahui karakterisktik potensi Desa dan Kelurahan, serta Mengukur kecepatan Perkembangan Desa dan Kelurahan, mengukur status kemajuan dan katagori tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan swadaya ke swakarya menuju swasembada yang menjadi input strategis dalam musyawarah perencanaan pembangunan partisipatif, serta menjadi pedoman dalam penentuan arah pengembangan Desa dan Kelurahan.

 

Hadir sebagai Narasumber Asisten 1 Drs. Riviva Maringka M.Si, Kadis PMD Drs. Arthur Palilingan, Kabid Pemerintahan Desa Ir. Hasna Said, Penggerak Swadaya Muda Vivi Lowing S.Sos. (JM)