Bupati Kumendong Hadiri Kegiatan Penilaian Kinerja 8 Aksi Konvergensi Stunting di Provinsi Sulut

MANADO – Penjabat Bupati Minahasa Dr.Jemmy Stani Kumendong, M.Si menghadiri Acara Penilaian Kinerja Tahun 2024 terhadap Hasil Kinerja 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023 di Sulawesi Utara yang dibuka oleh wakil gubernur sulut drs. steven o.e kandouw sekaligus penandatanganan komitmen percepatan penurunan stunting dan dilanjutkan dengan meninjau stand pameran di The Sentra Hotel Manado, Selasa (28/5/2024).

Pada kesempatan itu, Steven Kandouw mengatakan bahwa upaya pencegahan Stunting membutuhkan keterpaduan intervensi dari seluruh sektor terkait secara spesifik maupun sensitif.

Menurutnya, tim percepatan penurunan Stunting yang telah ditetapkan oleh kepala daerah di tingkat Provinsi maupun di Kabupaten/Kota perlu melakukan pemantauan dan pengendalian kegiatan lintas sektor melalui instrumen 8 aksi Konvergensi penurunan Stunting.

Oleh karena itu, kata Steven, tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini untuk mengetahui aspek kinerja apa yang sudah dilakukan, dilakukan pembinaan, pengawasan dan evaluasi kinerja percepatan penurunan Stunting.

“Kegiatan ini sebagai tindaklanjut terhadap pelaksanaan 8 aksi Konvergensi penurunan Stunting yang telah dilaksanakan oleh 15 Kabupaten/Kota. Maka, TPPS Provinsi Sulut melalui tim penilai yang telah ditetapkan oleh Gubernur akan melaksanakan penilaian kinerja,” kata Wagub Steven.

Kemudian, “Hasil penilaian akan dilaporkan kepada pemerintah pusat,” sambungnya.

Kabupaten/Kota. Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota mendapatkan gambaran yang jelas untuk perbaikan perencanaan dan pelaksanaan konvergensi penurunan Stunting.

Sebagaimana komitmen pemerintah daerah, jelas Steven Kandouw, dalam kepemimpinan ODSK terus berusaha dan berupaya terus menerus melalui RPJMD berkomitmen untuk mendukung pencapaian target prevelensi Stunting sebesar 14 persen tahun 2024.

“Harapan saya, kira adanya komitmen yang tinggi dari tim penilai agar memiliki satu pemahaman dalam pembinaan, inovasi dalam pengawasan dan objektif dalam penilaian sehingga upaya peningkatan kualitas sumber daya untuk masa depan gemilang anak-anak Indonesia bebas Stunting dapat terwujud,” imbuhnya.

Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI Restuardy Daud, Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kemenkes RI Syarifah Liza Munira.

Turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Maya Dondokambey – Tumuntuan, unsur Forkopimda Sulut, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota se-Sulut, para Kepala OPD, CSR dan LSM serta unsur lainnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Kumendong pada kegiatan tersebut, Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM/ Plt. Kadis P3A, Kadis PPKB, Dir. RSUD, Kabag Prokopim, Kabid.Kesehatan Masyarakat.

(JM)