Apel Kerja Awal Maret, Bupati Kumendong Panggil Perangkat Daerah

MINAHASA – Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si., memimpin apel kerja awal bulan Maret Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Minahasa. Dalam sambutannya, Bupati Kumendong meminta seluruh perangkat daerah untuk fokus pada perbaikan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

 

Apel kerja ini diadakan guna memperkuat motivasi kerja dan membangun soliditas kinerja pemerintah daerah dalam mensinergikan tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Bupati juga menegaskan pentingnya meningkatkan profesionalisme dalam sistem kerja pemerintahan, sesuai dengan perkembangan globalisasi.

 

Selain itu, Bupati Kumendong juga menyoroti pentingnya menyelesaikan dokumen laporan yang wajib disusun oleh pemerintah daerah, seperti LPPD, LKPJ Kepala Daerah, laporan SPM, dan Lakip.

 

“Tertibnya administrasi kita adalah landasan hukum yang penting dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya, Senin (4/03/2024).

 

Dalam konteks pemeriksaan yang sedang dilakukan oleh BPK RI, Bupati meminta seluruh perangkat daerah untuk proaktif dalam mempertanggungjawabkan kinerja. Hasil pemeriksaan BPK diharapkan dapat menjadi landasan bagi perbaikan yang terus dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

 

Selain itu, Bupati juga mengingatkan pentingnya disiplin kerja ASN dan THL, bukan hanya dalam mematuhi aturan dan jam kerja, tetapi juga dalam sikap, tanggung jawab, dan dedikasi dalam menjalankan tugas. Evaluasi terhadap kehadiran, kinerja, loyalitas, dan tanggung jawab setiap ASN dan THL di lingkup kerja masing-masing juga diharapkan dilakukan oleh Kepala Perangkat Daerah.

 

Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja pemerintah daerah, Bupati juga menyampaikan pentingnya pelaporan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) oleh Pejabat Pemkab Minahasa.

 

Setelah apel kerja, kegiatan dilanjutkan dengan ibadah oikumene, sebagai bentuk kesatuan dalam keberagaman agama di Kabupaten Minahasa. Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga toleransi antar umat beragama, mengingat bulan Ramadhan dan Idul Fitri yang segera tiba.

 

“Jaga keamanan, jaga toleransi, serta jaga kondusivitas lingkungan agar semua dapat menjalankan ibadah dengan damai dan bahagia,” tutup Bupati. (JM)