Respon Cepat Pemkab Minahasa Terhadap Bencana Kebakaran, Pj Bupati Kumendong Resmikan Posko Damkar di Desa Paslaten Kakas

MINAHASA – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr. Jemmy Stany Kumendong,M.Si, meresmikan Posko Pemadam Kebakaran (Damkar) di Desa Paslaten Kecamatan Kakas, Jumat (19/1/2024).

 

Dalam penyampaiannya, Bupati Kumendong mengatakan bahwa, pembangunan posko tersebut sebagai upaya Pemkab Minahasa dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan merespon secara cepat dan efektif penanggulangan bencana seperti kebakaran.

‘’Posko pemadam kebakaran memiliki peran penting dalam memberikan respons cepat dan efektif dalam penanganan kebakaran,” ucapnya.

 

Menurut Kumendong, perlunya koordinasi dan sinergi antara pemerintah daerah, pemadam kebakaran, dan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat kebakaran.

 

‘’Dengan adanya posko pemadam kebakaran yang terorganisasi dengan baik, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dalam penanggulangan bencana kebakaran dan melindungi kehidupan serta harta benda masyarakat,’’ jelas Bupati Kumendong.

 

Dirinya juga menyebutkan tujuan pembangunan posko tersebut yakni meningkatkan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana kebakaran.

“Respons Cepat Pemkab Minahasa membangun posko ini sebagai berfungsi sebagai pusat komando dan koordinasi dalam memberikan respons cepat terhadap kebakaran. Dengan adanya posko pemadam kebakaran yang terdekat dengan wilayah yang rentan terhadap kebakaran, tim pemadam kebakaran dapat segera merespon dan tiba di lokasi kebakaran dengan cepat,” sebut Bupati Kumendong.

 

“Kemudian perlunya koordinasi dan komunikasi antara tim pemadam kebakaran, pihak berwenang, dan masyarakat. Koordinasi yang baik antara semua pihak yang terlibat dapat meningkatkan efektivitas dalam penanggulangan kebakaran dan mengurangi kerugian yang ditimbulkan,” lanjutnya.

 

“Posko pemadam sebagai penyediaan sumber daya tempat penyimpanan peralatan dan sumber daya yang diperlukan dalam penanggulangan kebakaran, seperti alat pemadam api, tangga, pompa air, dan peralatan keamanan lainnya. Dengan adanya posko pemadam kebakaran yang terorganisasi dengan baik, sumber daya tersebut dapat dengan mudah diakses dan digunakan saat diperlukan,” tambah Bupati Kumendong.

 

“Adapun posko pemadam kebakaran juga dapat digunakan untuk kegiatan edukasi dan pencegahan kebakaran. Tim pemadam kebakaran dapat memberikan pelatihan tentang keselamatan kebakaran kepada masyarakat, termasuk cara mencegah kebakaran dan tindakan yang harus diambil dalam situasi darurat,” tuturnya.

Bupati Kumendong berharap, dengan tujuan-tujuan tersebut, pembangunan posko pemadam kebakaran diharapkan dapat meningkatkan keselamatan masyarakat dan mengurangi kerugian akibat kebakaran.

 

‘’Namun, kita semua berharap agar dijauhkan dari bencana kebakaran. Juga saya yakin masyarakat Paslaten Kakas merupakan masyarakat yang humanis sehingga dapat berbaur dengan petugas yang ada di Posko Damkar. Untuk petugas harus selalu berkoordinasi dengan pemerintah serta aparat kepolisian guna sinergitas,” tutup Bupati Kumendong. (JM)